Apa itu Model Release, Property Release dan Talent Release?

Apa itu Releases?


Release adalah dokumen yang sah/legal untuk melindungi fotografer, agensi, model dari masalah hukum. Mereka membuat pernyataan tertulis bahwa model, pemilik property, pemilik suara menyetujui foto / image / suara mereka digunakan di Microstock Company atau Microstock Agency untuk kepentingan komersial.

Releases tidak hanya digunakan untuk model saja namun juga digunakan pada Property dan Talent Relase. 


Berikut dibawah ini bahasan detail tentang masing-masing Release.


Model Release


Model Release biasa disingkat MR haruslah ditanda tangani oleh model atau orangtua model bila sang model masih dibawah umur. Dengan menandatangani formulir model release maka membuktikan bahwa fotografer memiliki izin dari sang model atau orang tua model untuk memfoto mereka dan menggunakannya untuk kepentingan komersial.

contoh model release


Property Release


Property Release biasa disingkat PR haruslah ditanda tangani oleh pemilik property (termasuk didalamnya hewan-hewan peliharaan, kendaraan-kendaraan, bangunan atau benda-benda seni yang mereka punya). Melalui property release maka pemilik property menyatakan bahwa mereka mengizinkan property mereka untuk difoto dan digunakan untuk kepentingan komersial. 

Bangunan, patung atau desain terkenal seperti Monas, patung Tugu Selamat Datang juga memerlukan Property Release selama property tersebut menjadi subjek utama. Juga patut diperhatikan tempat-tempat umum seperti kebun bintang, stadion, taman wisata dimana umumnya dilarang untuk kegiatan komersial juga memerlukan Property Release.


Talent Release


Talent Release diperlukan untuk stock yang berupa audio seperti misalnya pada komposisi musik, artis yang bernyanyi maupun mengeluarkan suara tertentu atau memainkan instrumen tertentu.


Kapan Anda memerlukan Model Release?


Anda memerlukan model release dalam hal sebagai berikut:


  • Anda memerlukan Model Release untuk setiap foto yang anda ambil meski itu hanya berupa siluet. 
  • Anda memerlukan Model Release ketika anda menggunakan model yang sama, lokasi yang sama namun berbeda hari pemotretan maka anda memerlukan 2 Model Release. 
  • Anda memerlukan Model Release bila didalam foto anda terdapat seseorang yang meski wajahnya tidak menghadap kamera atau dari leher kebawah akan tetapi masih bisa di identifikasi misalnya dari tanda lahir, tato atau bekas luka.
  • Anda memerlukan Model Release ketika anda menggunakan model yang sama, hari yang sama namun berbeda lokasi pemotretan maka anda memerlukan 2 Model Release yang menjelaskan lokasi masing-masing saat pengambilan gambar.

Tips:

Adalah lebih baik untuk mendapatkan Model Release pada saat pemotretan berlangsung dibandingkan anda harus mengejar atau meminta mereka menanda tangani di lain waktu.

Ingin tahu cara mengisi model release dan property release?baca Cara Mengisi Model Release dan Property Release informasinya. Lalu bagaimana cara mensubmit dan melampirkan model release dan property release di Shutterstock? baca Cara Mensubmit Foto Dengan Melampirkan Form Property atau Model ReleaseLebih lengkap tentang 4 hal yang penting diketahui tentang release di Microstock Inilah 4 Hal yang Penting Diketahui Tentang Release di Microstock ulasannya disini.

No comments:

Post a Comment