Cara Mensubmit Foto Dengan Melampirkan Form Property atau Model Release

Cara Mensubmit Foto Dengan Melampirkan Form Model Release atau Property Release di Shutterstock


Ketika men-submit hasil foto anda ke Shutterstock anda perlu memperhatikan apakah di dalam foto yang anda submit tersebut ada wajah yang tampak dan dikenali? Atau mungin meski wajah tidak tampak namun ada bagian tubuh seperti tato, bekas luka, tanda lahir yang bisa dikenali? Atau mungkin ada gambar property, desain, hotel, rumah yang dikenali? Bila jawabannya adalah YA maka itulah saatnya anda perlu melampirkan form Model Release atau Property Release sebagai kelengkapan submit foto anda. Meski hal yang penulis jabarkan diatas bukanlah satu-satunya alasan anda harus melampirkan Model Release atau Property Release (baca kapan anda memerlukan Model Release atau Property Release disini).

Mengapa Model Release atau Property Release begitu penting? Hal ini dikarenakan Model Release atau Property Release akan melindungi anda dari hal-hal yang tidak anda inginkan dikemudian hari. Model Release atau Property Release yang telah ditanda tangani oleh Model, Fotografer maupun Saksi akan menjadi dokumen sah anda ketika ada pihak-pihak yang menuntut hak cipta dari kepemilikan foto anda tersebut.

Setelah anda mengetahui pentingnya Model Release atau Property Release dan mengapa Microstock agensi juga sangat memerlukan dokumen ini sebagai jaminan bahwa foto yang anda submit benar-benar aman untuk digunakan oleh Microstock agensi maupun oleh pihak-pihak yang nantinya akan menggunakan foto tersebut, maka penulis akan menjelaskan step by step cara men-submit foto dengan melampirkan form Model Release atau Property Release di Shutterstock.

Bagaimana cara melampirkan Model Release pada Foto yang akan anda upload di Shutterstock? 


Model Release atau Property Release harus disubmit dalam bentuk file JPG, tahapannya adalah sbb:

Siapkan Model Release atau Property Release yang sudah ditanda tangani (penulis sudah membahas tentang Cara mengisi Model Release dan Property Release di Shutterstock disini), gunakan form jpg tersebut. Sign in ke akun Shutterstock anda, upload foto yang akan anda submit terlebih dahulu, bila sudah terupload sempurna lanjutkan seperti anda biasa mensubmit foto. 


image Cara melampirkan Model Release dan Property Release di Shutterstock


Setelah gambar anda terbuka seperti gambar diatas, perhatikan lingkar merah pada gambar, disitulah anda harus melampirkan release anda. Klik Add, maka anda akan dihadapkan pada isian sebagai berikut:


image informasi dari model release di shutterstock


Isi semua data tersebut diatas seperti contoh, pilih file anda apakah Model Release atau Property Release. Contoh diatas adalah untuk Model release dari model yang bernama Ayudya, dari Indonesia yang berumur antara 20 - 29. Bila telah terisi semua klik Upload. Maka gambar berikut akan tampil:

image yang menerangkan model release berhasil dilampirkan

Terlihat pada gambar diatas, form Model Release anda telah ter-upload sempurna. Lanjutkan mengisi Description/Title/Caption, Keywords dan Kategori, lalu klik submit for review. Maka seluruh tahapan mensubmit foto dan melampirkan form Model Release telah selesai. Anda dapat melakukan tahapan yang sama ketika mengupload Property Release. Selamat mencoba!

Baca ulasan lengkap tentang 4 hal yang penting diketahui tentang release di Microstock.

1 comment:

  1. Mau tanya,
    Kalau properti publik macam masjid, gereja atau ikon gitu, semisal dimintai model release oleh shutterstock mintanya ke mana ya?

    ReplyDelete