5 Alasan Penting Mengapa Vector atau Illustrasi anda Ditolak oleh Shutterstock

Ingin vector atau illustrasi anda tidak ditolak oleh Shutterstock? 


Bahasan kali ini merupakan hal yang wajib anda ketahui ketika mensubmit file vector atau illustrasi anda. Penulis menjabarkan detail mulai dari email yang biasa anda terima ketika file anda ditolak (not aprroved), disertai alasan penolakan dan solusi bagaimana agar file-file anda berikutnya langsung di approved dan tidak ditolak lagi. Garis besar alasan penolakan yang sering diterima dari Shutterstock biasanya adalah:

Pada file Vector
  1. EPS Format
  2. Size Requirement
  3. Intellectual Property Issue
  4. Bitmapping Issue
  5. Keyword Issue

Pada file Illustrasi
  1. Composition/Cropping
  2. Using the term Vector
  3. Identical Submissions
  4. Title / Description Issue
  5. Poor Rasterization

Mari kita bahas satu persatu:

Penolakan pada Vector


EPS Format


Biasanya bunyi email penolakan untuk masalah ini adalah "EPS file must be compatible with Adobe Illustrator version 8 or 10". Maksud dari email ini adalah Shutterstock ingin agar anda harus menggunakan Adobe Illustrator 8 atau 10 ketika anda mengeksport atau menyimpan file EPS anda.


simpan file eps pada versi 8 atau 10



Mengapa ditolak? Bagi semua agensi Microstock termasuk Shutterstock EPS 8 atau EPS 10 adalah versi yang cocok untuk digunakan pada semua software vector dan pada semua versi Adobe Illustrator. Dengan versi ini customer atau pengguna gambar yang mendownload gambar anda dapat dengan mudah membuka file tersebut pada software yang mereka miliki masing-masing, 

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah,  

Anda diharuskan menyimpan "save" atau "save as" file anda ke EPS 8 atau EPS 10 pada Adobe Illustrator. Untuk anda pengguna software selain Adobe Illustrator sangat direkomendasikan agar mengeksport hasil akhir file anda ke Adobe Illustrator.

Size Requirement


Biasanya untuk penolakan ini Shutterstock akan mengatakan "File size must be under 15MB". Maksud dari email ini adalah file anda tidak boleh lebih besar dari 15MB.


size melebihi standard shutterstock



Mengapa ditolak? Tentu saja file anda melebihi standard ketentuan yang telah ditetapkan Shutterstock. Shutterstock memiliki ketentuan bahwa ukuran file vector atau illustrasi haruslah dibawah atau sama dengan 15MB, baca Ukuran standard vector yang dibutuhkan ShutterStock. Ketentuan ini agar memudahkan customer dan yang mereview ketika mendownload file anda sehingga dapat cepat di download tanpa ada masalah.

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah, 
  • Batasi penggunaan gradient dan transparency. Kedua efek ini memperbesar ukuran pixel dari file anda. Gradient membutuhkan banyak memori karena komputer anda membutuhkan proses yang lebih lama untuk rendering.
  • Batasi jumlah point dan path dari file anda ??
  • Kurangi ukuran Megabyte dari vector anda. 

size sesuai standard shutterstock



Intellectual Property Issue


Email yang biasanya muncul untuk kasus ini adalah "Image/Metadata potentially infringes on intellectual property rights". Email ini bermaksud memperingatkan anda bahwa di dalam file yang anda submit tersebut terjadi pelanggaran Intellectual Property.

Mengapa ditolak? Semua aset dari Shutterstock haruslah terbebas dan bersih dari trademarks (merek dagang), brand names (merek pada barang) dan intellectual property yang dilindungi. Shutterstock ingin memastikan bahwa customer yang mendownload file pada agensi mereka terbebas dari masalah ini. Shutterstock mengetahui bahwa customer akan menggunakan kembali file yang mereka download tersebut untuk digunakan lagi oleh customer untuk keperluan berbeda-beda bisa itu untuk iklan, kampanye maupun hal-hal komersial lainnya.

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah, 
  • Pastikan bahwa anda tidak melanggar ketentuan dari Shutterstock tentang hak intelektual property (penulis akan membahas tersendiri mengenai hal ini).
  • Jangan mensubmit grafik yang mengandung TM logo atau Icon, logo app . termasuk di dalamnya logo social media seperti Facebook, Instagram dan sebagainya.
  • Jangan menggunakan brand names pada metadata anda seperti Samsung, Apple. Coco Cola dan sebagainya.

Bitmapping Issue


Untuk isu ini biasanya Shutterstock menulis email sebagai berikut "Bitmap images and/or effects are not permitted". Maksud dari email ini adalah file yang anda submit tersebut mempunyai  efek-efek yang menyebabkan bitmap"


file terdapat bitmap



Mengapa ditolak dan bagaimana solusinya?

Penulis telah membahas secara detail mengenai hal ini, baca Cara Menghilangkan Bitmaps pada Vector Illustrasi

Keyword Issue


"Irrelevant keywords were used or your keywords were not in English", begitu biasanya email penolakan yang dibuat Shutterstock tekait isu ini. Email ini menjelaskan bahwa anda telah menggunakan kata kunci yang tidak sesuai atau tidak menggunakan bahasa Inggris pada kata kunci anda.

Mengapa ditolak? Shutterstock ingin agar anda tidak menggunakan kata kunci yang tidak relevan dengan gambar, misalnya saja gambar anda tentang Matahari Bersinar Cerah sementara anda menggunakan kata "Raining atau "Cloudy" sebagai kata kunci anda. Selain itu jelas bahwa dalam gambar anda mengandung kata kunci selain bahasa Inggris.

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah, 
  • Selalu gunakan hanya kata kunci yang relevan dengan gambar anda.
  • Selalu gunakan hanya kata kunci dalam bahasa Inggris, pengecualian apabila ada kata yang tidak dapat di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Penolakan pada Illustrasi


Composition/Cropping


Bunyi email yang sering ditulis reviewer untuk penolakan ini adalah "Visual elements within this illustration are poorly placed or poorly cropped". Email ini bermaksud bahwa elemen-elemen pada file anda seperti teks, gambar, atau elemen lainnya tersebut tidak tersusun rapi alias berantakan. 


ilustrasi poorly placed atau poorly cropped


Mengapa ditolak? Shutterstock menginginkan agar elemen-elemen pada file anda itu terstruktur rapi dan serasi dan tepat berada ditengah agar pada saat berada di galeri, file anda tersebut akan telihat dinamis.

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah, 

Cek kembali elemen-elemen yang ada di file anda dan pastikan agar posisi masing-masing elemen tersusun rapi. Pastikan agar semua elemen-elemen yang ada pada file anda berada tepat ditengah artboard dengan proporsi jarak yang seimbang antara kiri, kanan, atas dan bawah.


illustasi yang sudah tersusun rapi dan sesuai standard shutterstock


Using the term Vector


Biasanya bunyi emailnya adalah sebagai berikut "This is not a vector, please remove the word vector from the image, description and keywords". Yang dimaksud dari isi email ini adalah anda memberikan kata "vector" pada metadata untuk file Illustrasi anda.

Mengapa ditolak? Shutterstock ingin mencegah kesalahan fatal dimana customer membayar untuk mendownload file vector sementara yang didapat adalah file illustrasi. Customer tentu tidak tahu bahwa itu adalah file illustrasi karena anda menjelaskan file tersebut sebagai "vector".

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah, 

Jangan menggunakan istilah “vector” pada file illustrasi anda baik itu pada judul, deskripsi maupun kata kunci.

Identical Submissions


Email yang biasa dicantumkan adalah "Images within this submission are nearly identical or have already been approved". Maksud dari email ini adalah bahwa file anda yang ditolak tersebut sudah pernah di aprroved dan telah berada di galeri anda.

Mengapa ditolak? Tentu saja karena Shutterstock tidak ingin mempunyai file yang sama, selain itu anda menambah beban kerja dari reviewer untuk kembali mereview file yang sama. Bila hal ini terjadi berulang akan mengakibatkan akun anda dibekukan

Solusinya adalah,
  • Organisasikan dengan baik file-file anda mana yang sudah dan belum disubmit, Buat folder yang berbeda untuk masing-masingnya.
  • Cek kembali gallery anda sebelum mensubmit, khususnya anda yang telah memiliki ribuan file pada galeri, agar tidak terjadi mensubmit file yang sama untuk kedua kalinya.

Title / Description Issue


Email yang terkait masalah ini biasanya berbunyi "Title must be in English, may not contain unnecessary information and must releate to the image". Maksudnya adalah judul yang anda buat haruslah dalam bahasa Inggris serta tidak mengandung hal-hal yang tidak perlu dan harus terkait dengan gambar yang anda submit"

Mengapa ditolak? Shutterstock bisanya membagi penolakan ini dalam 4 aspek:
  • Judul atau deskripsi menjelaskan dengan tepat tentang illustrasi anda
  • Judul atau deskripsi mengandung informasi yang tidak diperlukan
  • Judul atau deskripsi tidak dalam bahasa Inggris
  • Judul atau deskripsi terlalu biasa, terlalu simple dan tidak spesifik

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah, 
  • Beri deskripsi tentang apa saja yang anda di gambar anda dan tidak menambahkan informasi diluar gambar anda.
  • Jangan menggunakan kata kunci, nama contributor  anda, URL anda atau informasi tambahan yang tidak ada kaitannya dengan gambar anda pada judul anda.
  • Buatlah judul gambar anda spesifik dengan menjabarkan apa saja yang terdapat pada gambar anda.
  • Gunakan hanya bahasa Inggris untuk judul, deskripsi dan kata kunci anda..

Poor Rasterization


Email yang biasa diterima adalah "Illustration is poorly rasterized" dimana dimaksudkan bahwa rasterisasi outline anda ke pixel sangat buruk, entah itu menimbulkan blur, tepi-tepi yang berantakan atau resolusi yang buruk.




Mengapa ditolak? Shutterstok menginkan gambar dengan kwalitas yang baik dalam arti haruslah bersih, jelas, tegas dan terang.

Solusi untuk memperbaiki file anda adalah, 

Selalu periksa lagi file anda dengan cara menzoom 100% dan periksa apakah tepi-tepi file anda tersebut sudah terlihat rapi, jelas dan tegas? apakah sudah tidak terlihat blur? apakah size sudah sesuai dengan standard Shutterstock? pastikan semua jawabannya adalah YA.


rasterasi yang baik, tajam dan jelas pada pembesaran 100%


Demikian, anda baru saja mempelajari cara agar vector atau illustrasi anda tidak ditolak di Shutterstock. Pastikan anda mempelajari solusi yang diberikan diatas dan jangan lupa untuk mempraktekan sehingga gambar-gambar anda selanjutnya tidak akan ditolak lagi di Shutterstock. Selamat mencoba! 

No comments:

Post a Comment