Cara Menghilangkan Bitmaps pada Vector Illustrasi

File vector anda di reject oleh Shutterstock karena Bitmaps? Mari cari tahu mengatasinya.


Terkadang saat kita mengirimkan vector ke Shutterstock kita menerima penolakan dengan catatan penolakan sebagai berikut "No Bitmaps - Bitmap images and/or effects are not permitted"
Jika anda menerima pesan tersebut pasti anda akan bertanya-bertanya, apa sebenarnya yag dimaksud oleh Shutterstock dengan penolakan tersebut? Pada intinya penolakan tersebut dikarenakan ada bagian dari file anda yang tidak dapat diedit (editable) sebagai vector, hal ini sering terjadi biasanya ketika anda menambahkan efek atau menghubungkannya ke elemen yang bukan vector.

Bitmapping dapat muncul ketika anda memberikan efek berbasis pixel dan teknik transparansi tertentu pada vector anda. Sehubungan dengan kewajiban anda untuk menyimpan file vector anda ke Illustrator EPS 8 atau EPS 10, maka teknik yang anda gunakan tidak dapat dimengerti / dibaca oleh illustrator yang terbaru.

EPS 8 lebih sering menimbulkan raster daripada EPS 10, akan tetapi EPS 10 lebih memiliki kecendrungan membuat outputnya sebagai raster.

Menyadari bahwa anda sudah bekerja keras menghasilkan vector anda, menguploadnya dan ternyata menerima penolakan tentulah perasaan sedikit kecewa hadir dan pertanyaan pun muncul bagaimana menghindari bitmap tersebut. Panduan di bawah ini dapat membantu anda untuk mengetahui apakah didalam file vector yang akan anda kirimkan terdapat bitmap didalamnya sebelum mensubmit file tersebut. Panduan ini penulis buat untuk pengguna Adobe Illustrator, akan tetapi pengguna CorelDraw, Xara Xtreme, Aviary Raven, Inkscape atau program serupa dapat menggunakannya.

Jika anda menggunakan efek-efek berikut dibawah ini dan mengeksportnya ke EPS 8 maka sudah dapat dipastikan hasilnya akan terdapat bitmap dan sudah dipastikan file anda akan ditolak. (baca bahasan tentang 5 Alasan Penting Mengapa Vector atau Illustrasi anda Ditolak oleh Shutterstock):
 :
  1. Transparency
  2. Opacity Masks
  3. Radial Gradient
  4. Linear Gradient (terkadang muncul)
  5. Drop Shadow
  6. Gaussian atau Radial Blur
  7. Output Transparency tidak di setting di 100% Vectors pada Raster/Vector Balance 
Jika anda mengeksport file anda ke EPS 10 beberapa dari efek diatas tidak menyebabkan bitmap akan tetapi penggunaan drop shadow dan gaussian atau radial blur tetap akan menghasilkan bitmap. Untuk penggunaan drop shadow anda dapat mengakalinya dengan menggunakan efek blend mode, dengan cara ini bitmap tidak akan muncul. 

Ketika mengeksport ke EPS 8 maupun EPS 10 jangan lupa untuk selalu mencek setting Transparency dengan cara buka EPS options

eps options pada adobe illustrator

lalu dibagian Transparency klik Custom buka box Custom Transparency Flattener Options dan set Raster / Vector Balancenya menjadi 100% Vectors, lihat gambar dibawah:

custom raster dan vector


Langkah selanjutnya adalah mencari tahu dimana letak bitmapnya 


  • Buka vector anda di Adobe Illustrator
  • Buka pallete "Link" dengan cara Window ->  centang Links 

links pannel di adobe illustrator

  • Akan ditemui area yang ada bitmapnya (lihat gambar lingkar merah)
  • Klik "go to link" (lihat gambar) maka Adobe Illustrator akan menunjukan area yang ada bitmapnya ditandai dengan garis biru (lihat gambar)

mencek bitmaps pada vector di adobe illustrator

  • Koreksi gambar dengan cara mengganti transparency, meng-expand efek yang ada atau mengganti teknik seperti yang sudah dibahas diatas.
  • Tutup dan buka kembali file vector tersebut dan cek kembali dengan cara yang sama diatas untuk memastikan bitmap sudah tidak ada lagi.
  • Khusus untuk gaussian dan radial efek, cara menceknya adalah dengan menzoom pada daerah blur tersebut untuk melihat pixilations dimana area warna yang di blok tidak tampak halus seperti yang seharusnya pada efek blur. Efek inilah yang menyebabkan rasterize baik itu menggunakan EPS 8 maupun EPS 10.

Semoga menjadi jelas dan tidak ada penolakan bitmap lagi.  Anda bisa segera mensubmit file vector anda. Penulis sudah membuat panduan bagaimana cara mensubmit vector di Shutterstock, baca disini. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment